Polri Kawal Ketat Proses Sidang Ahok ke-4 di Kementerian Pertanian

Polri Kawal Ketat Proses Sidang Ahok ke-4 di Kementerian Pertanian

BERBAGI
Wakapolda Metro Jaya, Brigjen Pol Suntana. [*istimewa]
Image result for banner website

DELIK INDONESIA.COM – Jelang gelar persidangan lanjutan ke-4, kasus dugaan penistaan agama oleh Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) di gedung auditorium Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan. Aparat kepolisian pun langsung melakukan pengamanan ekstra.

Menurut Wakapolda Metro Jaya, Brigjen Pol Suntana, pihaknya sudah lebih dulu melakukan pengecekana dari berbagai aspek indikasi ancaman hingga ruangan proses persidangan akan berlangsung.

“Sebelum melaksanakan pengamanan ini, kita sudah melakukan pengecekan tempat untuk melihat berbagai kemungkinan, mulai dari pintu masuk, pengecekan ruang sidang, dan melihat berbagai kemungkinan terjadinya kerawanan,” kata Brigjen Suntana kepada awak media di depan gedung Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan, Selasa (3/1/2017).

Namun terkait dengan jumlah personil aparat kepolisian yang dikerahkan, Brigjen Pol Suntana enggan memberikan informasinya. Ia hanya mengatakan jika jumlah personil sudah dipersiapkan untuk mengantisipasi berbagai ancaman yang kemungkinan terjadi.

“Jumlah personil sangat banyak, saya tidak bisa menyebutkan berapa jumlahnya. Tapi disesuaikan dengan perkiraan antisipasi kerawanan dan ancaman yang terjadi. Kita dibackup juga dari Mabes Polri,” tandasnya.

Saat ini massa dari dua kubu yang berbeda yakni pro dan kontra terhadap kasus Ahok sudah mulai berdatangan. Mereka tampak memadati Jl. Harsono Rm Dalam Blok Buntu, Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Bahkan jalur yang dapat dilewati oleh pengguna jalan hanya lajur bus Transjakarta alias Busway saja.

Untuk mengantisipasi gesekan antar kubu yang jumlahnya cukup banyak ini. Brigjen Pol Suntana menyampaikan jika aparat sudah memisahkan mereka menjadi dua blok, yakni blok pro dan blok kontra.

Kawal Sidang Ahok 4
Massa pro Ahok saat mulai mendatangi area depan gedung Kementerian Pertanian, di Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. [foto : Fiqi Septiansyah/Redaksikota.com]
“Ini ada dua kelompok yang saling hadir, kita pisahkan untuk mengantisipasi adanya konflik,” terangnya.

Kawal Sidang Ahok 4
Massa kontra Ahok saat mulai mendatangi area depan gedung Kementerian Pertanian, di Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. [foto : Fiqi Septiansyah/Redaksikota.com]
Sementara itu, menurut pantauan Redaksikota di lokasi, massa dari pro Ahok ada di sisi kanan pintu masuk utama, dan untuk kelompok massa yang kontra Ahok ada di sisi kiri pintu masuk. Dan hingga sampai saat ini, sidang lanjutan belum dimulai. Massa yang sudah memadati area depan gedung Kementerian Pertanian sudah saling menyampaikan orasi-orasinya. [fq/mib]