Wakapolri Sebut Kejadian Teroris di Indonesia adalah Kejadian Global

Wakapolri Sebut Kejadian Teroris di Indonesia adalah Kejadian Global

BERBAGI
Image result for banner website

Jakarta – Wakapolri Komjen Syafruddin berkali-kali mengatakan bahwa masalah terorisme adalah masalah global, yang kebetulan sentralnya ada di Syria dan Iran. Yang menjadi markas dan basis ISIS. Kata dia, ISIS, mengontraksi seluruh agenda teroris saat ini.

“Dulunya ada yaitu Al Qaidah. Oleh karenanya kejadian terorisme ini adalah kejadian global. Ini sejalan dengan perubahan peradaban manusia,” ungkap Syafruddin.

Jenderal bintang 3 ini menyebutkan bahwa salam semua peradaban manusia itu pasti ada ekses-ekses yang terjadi.

Selain itu, Syafruddin juga menjelaskan apa dan bagaimana terorisme dan radikalisme di Indonesia. Indonesia diketahui tidak luput dari pengaruh global yang disebut dunia tanpa batas.

“Jadi redukalisme, terorisme tanpa mengenal negara, tak ada batas tidak ada kawasan,” ucapnya.

Apalagi, kata dia, sekarang ilmu pengetahuan dan teknologi bisa menembus kemana saja, bisa menembus individu. Sehingga betapa pentingnya kewaspadaan ini. Pasalnya, ISIS sekarang membangun camp baru di Mindanau Marawi Filiphina.

“Itu sudah lama, bahkan pernah merencanakan di Indonesia. Namun kita gagalkan dengan melakukan operasi gabungan Tinombala gabungan TNI/Polri, elemen-elemennya bisa kita lumpuhkan sehingga memindahkan markasnya ke Mindanau Filiphina,” jelasnya.

Kendati demikian, tambah dia, di Marawi ini sangat dekat dengan Indonesia hanya ditempuh 2 jam setengah. Namun Polri sudah memback up itu semua melalui Polda-Polda perbatasan. Tentunya TNI juga demikian untuk mengantisipasi gerakan-gerakan penyusup yang akan masuk ke Indonesia.

Wakapolri dalam sesion wawancara juga menjelaskan komunikasi dengan negara-negara Sahabat Timor Tengah Bagaimana ?
“Saya komunikasi terus dan masih hubungan. Hubungan yang saya jalin bukan karena jabatan dan hubungan yang sudah terjalin puluhan tahun ini tidak pernah putus,” tuturnya.

Penasaran dengan apa yang akan disampaikan Wakapolri, simak dan klik videonya :