Masalah Paling Seksi di Jakarta

Masalah Paling Seksi di Jakarta

BERBAGI
Logo Cerdik [Cerita Dikit]
Photo

REVIUW KASUS – Kemacetan bukan hanya pada hal mengenai penambahan infrastruktur jalan atau penambahan moda transportasi saja melainkan permasalahan rendahnya hunian ditengah kota namun pada saat yang sama pekerjaan terpaku ditengah kota.

Menurut Andrinof Caniago, pakar kebijakan public dari Universitas Indonesia bahwa populasi Jakarta di siang hari berbeda jauh dengan populasi di malam hari.

Jadi,solusinya seharusnya dimlulai dari pembenahan visi pemerintahan. Penyelesaian atas kondisi ini tidak bisa hanya diselesaikan dengan pendekatan program jangka pendek seperti pembangunan jalan baru, pembatasan sepeda motor atau pembangunan mass-rapid transit.

Sementara visinya tidak jelas. Dan solusi lain dapat berupa pengembangan wilayah yaitu pola campuran pemukiman, tempat kerja dan wilayah komersial.

Karena saat ini yang terjadi, pemerintah hanya terkesan membiarkan pemukiman tersebar diluar kota untuk kemudian mereka menggunakan angkutan ketempat mereka bekerja yakni ditengah kota. Yang jelas berdampak penuhnya tengah kota disaat jam-jam kerja.