Aliansi Mahasiswa Se – Jakarta Tolak Reklamasi Teluk Jakarta

    Aliansi Mahasiswa Se – Jakarta Tolak Reklamasi Teluk Jakarta

    BERBAGI
    Konfrensi Pers Aliansi Mahasiswa Jakarta
    Photo

    RELEASE – Riwayat reklamasi tidak ada habisnya. Setelah akhirnya berganti ke pemimpin jakarta yang baru, reklamasi masih menjadi pembahasan yang penting. Janji kampanye Anis Sandi ( Gubernur dan Wakil Gubermur Jakarta) yang dengan tegas menolak adanya reklamasi masih terus gaungkan untuk dilunasi.

    Melihat kembali apa tujuan adanya reklamasi adalah merujuk pada penambahan luas wilayah ibu kota. Namun kenyataannya aspek sosial, hukum dan lingkungan justru terabaikan.

    Reklamasi yang mencaplok hak hak masyarakat pesisir atas pengelolaan laut menjadikan timbulnya ketimpangan kemiskinan. Sedangkan dengan biaya yang sangat besar dan harga properti mencapai angka miliaran tentunya reklamasi disediakan hanya untuk kaum borjuis.

    Perusakan yang juga ditimbulkan karena adanya reklamasi bukan main main. Walhi merilis bahwa reklamasi berdampak apda perusakan lingkungan hidup, tata air jakarta,ekosistem ,pulau seirbu dan hilangnya situs sejarah.

    Dengan dampak buruk yg cukup besar tersebut sesungguhnya siapakah yang dintungkan atas adanya reklamasi? Pihak pemodal? Atau masyarakat jakarta?

    Oleh karena itu kami mahasiswa aliansi mahasiswa jakarta menuntut:

    1. Menuntut ketegasan Anis-Sandi untuk merealisasikan janji mereka untuk menghentikan reklamasi teluk jakarta.

    2. Menolak pencabutan moratorium reklamasi yang di lakukan oleh Menko bidang kemaritiman yaitu Luhut Binsar Pandjaitan.

    3. Menuntut pemerintah untuk tegas terhadap para pengembang yang terbukti melakukan tindak pidana suap.

    Bersama pernyataan ini, sebagai mitra kritis pemerintah, kami Aliansi mahasiswa Jakarta akan tetap menolak proyek reklamasi Teluk Jakarta demi terciptanya keadilan di negeri ini. Kami ingin pemerintah hadir dengan keberpihakannya pada rakyat kecil.

    Kordinator : Teguh Nurdiansyah