Garda KPK Dorong Agus Raharjo Tuntaskan Kasus Kardus Duren

Garda KPK Dorong Agus Raharjo Tuntaskan Kasus Kardus Duren

BERBAGI
Gedung KPK RI
Photo

Jakarta – Menolak negara lemah dengan melakukan reformasi sistem dan penegakan hukum yang bebas korupsi, bermartabat, dan terpercaya. Poin ke empat dalam Nawacita Jokowi – JK harus di tegakkan oleh semua lembaga hukum.

Makan Garda Komite Pengawasan Koruptor (GARDA KPK) akan sambangi KPK untuk mendesak lembaga anti rasua itu segera bongkar kembali kasus kardus duren, dugaan kasus korupsi terkait pekerjaan/proyek sistem ketenagakerjaan di Kementerian yang dahulu dipimpin oleh Muhaimin Iskandar itu.

Berdasarkan temuan dari Badan Pemeriksa Keuangan pada tahun 2011. “Ditemukan dugaan manipulatif korupsi Rp19 miliar,” Ujar Kelrey, Lewat pesan elektroniknya, Senin, (06/11).

Atas dugaan tersebut, Kemenakertrans kemudian mengirimkan surat kepada BPK untuk melakukan negosiasi agar dilakukan beberapa hal yang sifatnya penundaan untuk melakukan pembayaran.

“Terhadap negosiasi ini ditemukan ada beberapa penyimpangan. Dari nilai 19 miliar itu, berhasil disepakati dalam action plan dari kekurangan pembayaran atau diduga manipulasi ini didapatkan angka 14 koma sekian miliar,” Ujar Kelrey lagi

Dia menduga terdapat penggelembungan dana dalam proses pekerjaan sistem jaringan informasi dan pengawasan ketenagakerjaan, kekurangan volume bayar dan ketidaksinkronan sistem kontrak yang sedang dilakukan.

Menurutnya, akibat dari penyimpangan tersebut, negara mengalami kerugian sebesar Rp19 miliar. Atas dasar itu, Garda KPK akan mendatangi KPK untuk mempertanyakan kelanjutan kasus yang diduga kuat melibatkan mantan pejabat di Kemenakertrans itu.

Mantan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Muhaimin Iskandar. “Muhaimin adalah orang yang harus bertanggung jawab di Kemenakertrans waktu itu. Lucunya lagi kasus tersebut sampai saat ini belum tuntas dan ada pun penuntusannya banyak kejangalan. Tutup Kelrey.