WBP Rutan Ambon Simulasi Antisipasi Gempa

WBP Rutan Ambon Simulasi Antisipasi Gempa

BERBAGI
Gambar Rutan Ambon Simulasi Gempa
Photo

Ambon – Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Ambon dievakuasi pada titik kumpul yang telah ditentukan, yaitu lapangan rutan. Evakuasi ini dilakukan sebagai akibat gempa beruntun yang melanda Kota Ambon.

Demikianlah simulasi yang dilakukan di Rutan Ambon, Senin (6/11) sebagai antisipasi atas situasi gempa. Hal ini sangat perlu dilakukan mengingat akhir-akhir ini Kota Ambon diguncang gempa beruntun yang sangat dahsyat.

Simulasi ini diikuti oleh seluruh WBP Rutan Ambon dengan melibatkan petugas pengamanan mulai dari proses lonceng tanda bahaya, pembukaan pintu kamar hunian, dan pergerakan WBP menuju titik kumpul evakuasi di lapangan rutan.

“Ini sebagai antisipasi kami agar selalu siap terhadap segala kemungkinan yang terjadi. Kami tidak ingin hal-hal buruk terjadi pada WBP di sini,” ungkap Kepala Rutan Ambon, Irhamuddin.

Simulasi seperti ini sudah menjadi prosedur tetap yang wajib dilaksanakan petugas rutan bila terjadi bencana alam maupun bencana lainnya seperti kebakaran. Dikoordinatori langsung oleh Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan Ambon, Ali Sia, diharapkan simulasi tersebut memberikan gambaran bagi WBP mengenai apa yang dilakukan bila terjadi suatu bencana yang tidak diinginkan.

“Kita tidak tahu kapan bencana itu akan datang, tetapi langkah antisipasi harus tetap dilakukan dengan melakukan simulasi,” ungkap Ali.

Sumber – ditjenpas.go.id