Ada Konflik Jerussalem, MPII Minta Generasi Muda Tetap Perkokoh Pancasila

Ada Konflik Jerussalem, MPII Minta Generasi Muda Tetap Perkokoh Pancasila

BERBAGI
Image result for banner website

GRESIK – Pengurus Majelis Pemuda Islam Indonesia (MPII) Kabupaten Gresik menggelar diskusi publik bertemakan “Konflik Global Jerussalem dan Pengaruhnya di Indonesia”.

Salah satu narasumber yang merupakan Dekan Fakultas Dakwah INKAFA Ali Shodiqin mengatakan bahwa persoalan Yerussalem saat ini bukan semata-mata persoalan agama saja melainkan ada konflik di ranah politik yang sangat kuat.

“Yang menarik bahwa adanya aksi-aksi perlawanan dari bangsa Israel tidak murni persoalan agama karena di situ ada persoalan-persoalan politik dan ternyata terdapat bangsa Yahudi yang ikut melawan pendudukan bangsa Israel terhadap Palestina,” kata Ali dalam sambutannya di Joyo Hartono, Cerme, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Kamis (28/12/2017).

Ia juga menyampaikan tidak melulu persoalan bangsa Zionis Israel saja yang ingin menguasai Yerussalem, karena tanah tersebut juga diklaim oleh tiga agama sekaligus yakni Islam, Kristen dan Yahudi. Kondisi ini pun dikatakannya tidak akan mudah tuntas karena ketiga pemeluk agama tersebut sama-sama mengklaim Yerussalem adalah kota sucinya.

“Jerusalem termasuk kota tertua yang disakralkan oleh 3 agama yaitu Yahudi, Kristen dan Islam dimana ketiganya mengklaim bahwa tempat itu merupakan tempat suci dari masing-masing penganut agama tersebut. Sehingga sampai kapanpun tempat itu akan selalu menjadi tempat yang terus diperebutkan,” tukasnya.

Dalam kegiatan yang sama, pengurus MPII Jawa Timur Chafid Hamidi mengatakan bahwa persoalan apapun yang terjadi baik di dalam negeri maupun di luar negeri, konteks fundamental bangsa harus terus diperkuat.

“MPII sebagai wadah generasi ulama Indonesia yang memiliki visi kebangsaa, nilai utama adalah bagaimana merumuskan supaya pemuda memiliki sinergisitas agar mereka mempunyai nilai kebangsaan dan keagaamaan yang berujung pada pengukuhan kembali Pancasila,” kata Chafid.

Diketahui, dalam kegiatan tersebut peserta yang telah hadir berasal dari beberapa ormas yaitu PCNU, Pemuda Muhammadiyah, SIAIDA, STIE NU Gresik, PMII Qomaruddin dan MUI Gresik. Kemudian beberapa narasumber lainnya yang hadir adalah Penulis Buku Kyai Kantong Bolong Rizal Mumazziq dan Dekan Fakultas Dakwah INKAFA Ali Shodiqin, M.Pd.I.

Kemudian dalam kegiatan tersebut juga digelar pengukuhan pengurus MPII Kabupaten Gresik. (*)