Bupati Biak Numfor Dijebloskan ke Penjara

Bupati Biak Numfor Dijebloskan ke Penjara

BERBAGI
Image result for banner website

DELINDO – Tim dari Subdit Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Direktorat Kriminal Khusus (Dirkrimsus) Polda Papua menjebloskan Bupati Biak Numfor, Thomas Alva Edison Ondy ke dalam tahanan. Hal ini berkaitan dengan kasus dugaan korupsi APBD Kabupaten Mamberamo Raya 2011-2013.

Mulanya ada laporan hasil pemeriksaan BPK RI atas laporan keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Mamberamo Raya tahun 2013. Dari situ lalu kami lakukan penyelidikan,” ujar dia dalam keterangannya, Senin (18/9).

Setelah dilakukan penyelidikan dan didapatkan alat bukti yang cukup, Polda Papua melaksanakan gelar perkara untuk peningkatan status dari penyelidikan menjadi penyidikan.

Penyidik melakukan penangkapan setelah mendapatkan persetujuan dari Kemendagri melalui surat menteri dalam negeri No. 356/418/SJ tanggal 13 September 2017.

Memang betul Bupati Biak Thomas Ondy sudah ditahan penyidik dan kini berada di tahanan Kantor Polda Papua di Jayapura. Penahanan terhadap Bupati Ondy sudah sesuai prosedur karena sudah ada izin dari Mendagri,” kata Kapolda Papua Irjen Boy Rafli kepada wartawan di Jayapura, kemarin.

Ia mengatakan Bupati Ondy dijerat jadi tersangka karena selama menjadi Kabag Keuangan Pemkab Mamberamo Raya telah menyebabkan kerugian negara sebesar Rp84 miliar akibat memindahkan dana yang berasal dari APBD ke rekening pribadi.

Berita : Berbagai Sumber